Senin, 25 November 2019

Trans Airways Belum Peroleh Izin Penerbangan

Gandeng Rosneft, Pertamina Bangun Kilang Minyak di Tuban

, Jakarta - Pemerintah sudah memutuskan kota Tuban sebagi tempat pembangunan kilang minyak baru. Pembangunan kilang baru yang akan diatasi PT Pertamina (Persero) ini ditujukan untuk wujudkan sasaran swasembada bahan bakar minyak.

Kilang minyak baru ini tempati tempat enam desa, yaitu Desa Rawasan, Mentoso, Wadung, Remen, Kaliuntu, serta Beji Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Project itu hasil kerjasama di antara Pertamina dengan perusahaan migas asal Rusia, Rosneft Oil Company. Pembangunan kilang ini harus terus digabungkan dengan Pemerinah Wilayah Kabupaten Tuban.

Berkaitan pembangunan kilang, Bupati Tuban, Fathul Huda menghargai ketetapan Pertamina yang pilih Tuban jadi tempat kilang minyak baru. Pemerintah Kabupaten Tuban dan warga dari 6 desa di seputar tempat kilang minyak memberi dukungan pembangunan mega project kilang minyak baru di Tuban. Ini adalah mega project strategis buat bangsa serta warga Indonesia dalam mewjudkan swasembada bahan bakar minyak,”ucapnya dalam info tercatat, Jumat 28 April 2017.

Menurut Fathul Huda, pembangunan kilang minyak akan bawa efek positif buat perekonomian Kabupaten Tuban. Dampak ganda akan dirasa oleh warga, dari mulai pembangunan sampai beroperasinya kilang minyak termegah serta termodern di lokasi Asia.

Saat pembangunan kilang minyak, efek ekonomi yang dirasa ialah terbukanya kesempatan peluang kerja buat warga. Tenaga kerja yang diperlukan sepanjang pembangunan kilang minyak baru pasti mempunyai jumlahnya yang relevan. Fathul Huda mengharap Pertamina mengutamakan warga di seputar tempat pembangunan kilang minyak hingga dapat kurangi pengangguran.

Fathul Huda memberikan tambahan dampak ganda yang akan dirasa oleh warga ialah terbukanya kesempatan usaha buat usaha mikro, kecil serta menengah (UMKM) untuk penuhi keperluan sandang, pangan, serta papan beberapa tenaga kerja. “Sentra-sentra ekonomi akan tumbuh di seputar tempat kilang minyak.

Sampai kini penghasilan warga di Tuban didominasi dengan pertanian, peternakan, perikanan serta kehutanan. Dengan dibuatnya Kilang Minyak, maka ada perubahan budaya. Ini adalah rintangan sekaligus juga kesempatan buat perkembangan warga Tuban, sebut Fathul Huda.

SETIAWAN ADIWIJAYA

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar